ALADDIN138. Saat remaja sebagai sesuatu babak perubahan seorang dari saat beberapa anak ke arah dewasa. Karena itu jika saat beberapa anak dan remaja rusak karena narkoba, karena itu muram atau bahkan juga remuklah saat depannya. Pada periode remaja, malah kemauan untuk coba-coba, ikuti tren dan pola hidup, dan bergembira besar sekali. Meskipun semua kecondongan itu wajar-wajar saja, tapi hal tersebut juga bisa mempermudah remaja untuk tergerak salah gunakan narkoba.
Jumlah pemakai narkoba yang terbanyak ialah barisan umur remaja. Permasalahan jadi lebih genting kembali jika karena pemakaian narkoba, beberapa remaja terjangkit dan menyebarkan HIV/AIDS di kelompok remaja. Ini sudah bisa dibuktikan dari penggunaan narkoba lewat jarum suntik secara berganti-gantian. Bangsa ini akan kehilangan remaja yang banyak karena penyimpangan narkoba dan menyebarnya HIV/AIDS.
Narkoba ialah obat, bahan dan zat bukan makanan yang bila diminum, disedot, dihirup, ditelan atau disuntik punya pengaruh pada kerja otak dan kerap mengakibatkan keterikatan. Mengakibatkan, kerja otak berbeda. Demikian juga peranan penting organ lain seperti jantung, peredaran darah, pernafasan, dan sebagainya.
Imbas bahaya penyimpangan narkoba untuk badan salah satunya yakni masalah pada mekanisme saraf (neorologis) dengan tanda-tanda kejang-kejang, fantasi, masalah kesadaran, kerusakan saraf pinggir ,masalah pada jantung dan pembuluh darah (kardiovaskuler) yang berpengaruh pada infeksi kronis otot jantung, masalah peredaran darah, masalah di kulit (dermatologis) menyebabkan penanahan, sisa suntikan dan alergi, masalah pada paru-paru (pulmoner) mengakibatkan penekanan peranan pernafasan, kesulitan bernafas, penggesaran jaringan paru-paru, penghimpunan benda asing yang terisap, dan dapat terkena virus HIV dan AIDS, karena penggunan jarum suntik secara bersama.
Selainnya berpengaruh pada fisik narkoba berpengaruh pada psikis seorang yang mengkonsumi narkoba. Tanda-tanda yang diakibatkan yakni kerap berpikir tidak normal, berperasaan kuatir, badan memerlukan jumlah tertentu untuk memunculkan dampak yang diinginkan, keterikatan / selalu memerlukan obat.
Jalan keluar supaya terbebas dari penyimpangan narkoba untuk siswa yakni dengan dekatkan diri pada Tuhan Yang Maha Esa, lakukan aktivitas yang positif dan berkawan dengan beberapa orang yang bawa hal positif.
Membuat remaja yang bebas dari penyimpangan narkoba/napza pasti bukan tugas yang gampang. Minimal ada tiga poin utama yang pantas jadi perhatian supaya hasilnya betul-betul efisien, di dalam lingkungan keluarga, orang-tua harus memberi kasih-sayang yang cukup pada beberapa remajanya. Mereka tidak bisa cepat geram dan bermain jam ketika si remaja lakukan kekeliruan baik pada gaya bicara, sikap, atau perlakuannya, tanpa dikasih peluang untuk bela diri. Kebalikannya, orang-tua harus berlaku demokratis pada anaknya.
Pendidikan sebagai sesuatu instrumen ke-2  sesudah keluarga, untuk memberi kualitas dari angkatan-generasi penerus bangsa dalam membuat watak angkatan anti narkoba. Watak-karakter yang dibutuhkan dasarnya bisa disaksikan dalam Pendidikan watak anak (bangsa) yang dapat disaksikan terang pada pasal 3 dalam Undang-undang nomor 20 tahun 2003 mengenai Mekanisme Pendidikan Nasional.
“Pendidikan nasional berperan meningkatkan dan membuat karakter dan peradaban bangsa yang bermartabat dalam rencana mencerdaskan kehidupan bangsa, mempunyai tujuan untuk mengembangnya kekuatan peserta didik supaya jadi manusia memiliki iman dan bertakwa ke Tuhan Yang Maha Esa, bermoral mulia, sehat, memiliki ilmu, mahir, inovatif, berdikari dan jadi masyarakat negara yang demokratis dan bertanggungjawab”.
Dalam UU itu bisa dikerucutkan lagi untuk mempermudah ide pendididkan watak yang khusus tanda angkatan anti narkoba. Salah satunya adalah; Jujur, Latih kejujuran perlu dimasukkan semenjak beberapa anak berumur awal dan terus-terusan. Juga sangat penting ialah mengajari kejujuran dengan semua perlakuan yang dapat dipercayai. Disiplin, melatih disiplin pada anak memang seharusnya dilaksanakan semenjak umur dini. Bila anak terlatih disiplin karena itu mereka akan terlatih taat pada ketentuan.
Narkoba/napza sebagai salah satunya dari banyak hal yang bisa memengaruhi dan dapat menghancurkan kepribadian angkatan muda penerus bangsa. Penangkalan penyimpangan narkoba bisa dilaksanakan sejak awal kali yakni dengan menyosialisasikan narkoba dan resikonya ke peserta didik melalui alat peraga atau khotbah dan beberapa kegiatan yang berguna di sekolah. Sampai tindakan-perlakuan itu nanti akan membuat sesuatu watak, jika beberapa individu itu anti Narkoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *